Bumi, Planet Biru Rawan Bencana

JIKA dilihat dari angkasa luar, Bumi adalah sebuah planet biru yang kadang-kadang sebagian wilayahnya berselimut putih, berbeda dengan beberapa planet lain seperti Merkurius, Mars, Jupiter, dan Saturnus yang cenderung coklat.
Selama ini, Bumi pula yang diketahui sebagai satu-satunya “rumah” bagi planet spesies Homo Sapiens, yaitu kita, manusia. Berbagai eksplorasi memang telah dilakukan untuk mencari “rumah” lain. Tetapi belum ada satu pun yang meyakinkan kita untuk menjadikannya sebagai tempat tinggal baru.
Pada 1999, penduduk dunia mencapai lebih dari lima miliar manusia dan 2014 sudah meningkat menjadi lebih dari tujuh miliar jiwa. Setiap tahun, jumlah manusia di planet yang memiliki daratan seluas 148,940,540 Km2 ini juga akan bertambah.
Tetapi, sesungguhnya Bumi bukan merupakan yang 100 persen aman untuk dijadikan tempat tinggal. Bencana demi bencana, termasuk yang berskala besar terjadi dan merenggut jutaan jiwa manusia.

Berikut sekelumit materi tentang bencana dan jurnalistik. Untuk sekelumit pemahamanan tentang bencana, silakan download di sini. Untuk pemahaman tentang jurnalistik, silakan klik di sini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s