Demam Berdarah Dengue, Masih Mengancam

DEMAM berdarah dengue, masih mengancam penduduk di zona tropis dan subtropis, seperti Amerika Serikat bagian selatan dan Indonesia. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Kecuali penyakit ini, nyamuk itu dapat menyebarkan virus Chikungunya dan demam kuning.

Aedes aegypti dikenali dari tanda putih di kaki dan garis-garis putih tubuhnya. Hewan ini berasal di Afrika tapi sekarang ditemukan di berbagai daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Aedes aegypti adalah vektor utama demam berdarah, terutama di daerah tropis dan subtropis zona seperti Amerika Serikat bagian selatan dan Indonesia.

Telur nyamuk ini, seperti pada nyamuk rumah pada umumnya, diletakkan secara tunggal atau dalam rakit dan meskipun mereka mungkin menempel ke permukaan. Telur bisa tenggelam, jika air sangat mengganggu.

Aedes lebih menyukai air bersih dalam pot air, tanki di atap, di sisa-sisa air hujan, atau tempat minum burung untuk mengembangkan larva. Mereka juga menyebarkan telur di tempat-tempat seperti kolam atau ban bekas. Nyamuk jantan tidak menggigit. Perempuan mengambil makan darah untuk mendukung telurnya berkembang.

Obat Serangga

Para peneliti di American Chemical Society, telah menemukan formula minyak kayu manis untuk membunuh larva nyamuk. Senyawa ini merupakan pestisida yang berbau, namun ramah lingkungan dan efektif membunuh larva nyamuk.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam edisi 14 Juli Journal Kimia Pertanian dan Makanan, para peneliti berharap bahwa minyak kayu manis bisa menjadi pembasmi nyamuk yang baik, meskipun kasiat bahan kimia ini belum diuji pada nyamuk dewasa. (Science Daily, 16 Juli, 2004).

Formula ini dapat menggantikan pestisida konvensional. Pestisida alami sangat penting, karena selama ini pestisida konvensional menyebabkan pencemaran lingkungan dan memberikan dampak buruk pada kesehatan.

Pestisida kimia konvensional akan membunuh nyamuk dewasa saja, tetapi telur binatang itu masih hidup. Telur nyamuk harus dibunuh, sehingga tidak menetas dan menghasilkan nyamuk dewasa.

Untuk menghentikan siklus hidup nyamuk, kita harus menghancurkan telur makhluk itu.

Waduk air bersih, pot air, tangki di atap, sisa air hujan, atau tempat-tempat minum burung harus bersih setiap minggu.

Kolaborasi setiap orang untuk menghancurkan tempat nyamuk berkembang biak juga sangat penting.

Hanya membersihkan rumah itu tidak membantu, karena nyamuk akan bertelur mereka di tempat lain.

Di Indonesia, sejak beberapa tahun lalu telah menyebar metode 3M.

Metode 3M berarti membersihkan, menutup, dan mengubur. Namun, metode ini masih tidak efektif, karena orang tidak bersedia untuk mengambil bagian untuk tindakan ini. Mereka memilih untuk menggunakan pestisida gratis dari pemerintah.

Ketika Penyakit Menyerang

Ketika serangan demam berdarah, masyarakat harus menerima perawatan di rumah sakit.

Di Indonesia, biaya pengobatan penyakit ini selama tiga hari di rumah sakit mencapai Rp 2 juta. Bagi masyarakat miskin di negeri ini, biaya tersebut cukup mahal.

Sebuah keluarga dengan pendapatan Rp 900 ribu per bulan, akan sangat kesulitan membayar biaya rumah sakit ini. Beban tersebut masih ditambah, karena pasien masih harus menghadapi ancaman kematian akibat penyakit ini.

Biasanya, keluarga penderita akan melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan anggotanya. Mereka mencoba menggunakan berbagai cara untuk mempercepat kesembuhan, salah satunya dengan jus jambu biji.

Manfaat Jus Jambu

Setiap manusia normal, mestinya memiliki 150.000-450.000 trombosit.

Namun, tingkat trombosit pada pasien demam berdarah, bisa jatuh menjadi 130.000. Pembekuan darah juga tidak mudah terjadi, sehingga pasien mudah mengalami perdarahan dan berakibat fatal.

DBD juga bisa mengakibatkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Hal ini karena leukosit pasien demam berdarah juga cenderung menurun. Pada manusia normal, kadar leukosit harus 5.000-10.000. Jika tingkat kurang, maka bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Gejala-gejala lain dari demam berdarah, pasien dapat mengalami penurunan tingkat hemoglobin.

Dalam kondisi normal, kadar hemoglobin dalam darah harus 12:00 g / dl -16,00 g / dl.

Kekurangan tingkat hemoglobin dapat membahayakan pasien, karena darah akan mengalami kesulitan memasok jumlah yang cukup oksigen ke otak.

Selain meningkatkan kadar trombosit, jambu biji juga memiliki vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh dan trombosit membaik, pasien akan sembuh lebih cepat. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s