Oktober-Januari Bakal Terjadi La Nina Kuat

MENGERIKAN, itulah kata yang pantas untuk menggambarkan keadaan cuaca Oktober 2010 hingga Januari 2011 nanti, saat La Nina kuat terjadi di Indonesia. Seperti sudah berlangsung selama jutaan tahun silam, dalam rentang waktu Oktober-April, posisi matahari akan selalu berada di sebelah selatan katulistiwa.

Kondisi itu mengakibatkan di sebagian besar wilayah Indonesia bakal berada dalam musim hujan. Pada kondisi biasa, musim hujan tersebut sudah cukup menimbulkan berbagai persoalan.

Hujan di daerah-daerah rawan banjir mengakibatkan genangan di mana-mana. Sedangkan di daerah rawan pergerakan tanah, hujan bisa memicu terjadinya longsor. Pada masa pancaroba dari kemarau ke musim hujan atau sebaliknya, di berbagai wilayah juga kerap dilanda angin puting beliung.

Untuk tahun 2010 ini, beragam bencana itu kemungkinan bakal menghebat. Seperti diberitakan Antara, Sabtu 25 September lalu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya fenomena La Nina kuat. Fenomena itu diperkirakan bakal terjadi Oktober 2010 hingga Januari 2011.

Menurut analis cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo, kondisi cuaca saat terjadinya fenomena La Nina kuat diprediksikan lebih ekstrem dibanding saat La Nina Moderat. Hal itu karena fenomena La Nina akan berlangsung di saat musim hujan.

Menurutnya, fenomena La Nina berdampak pada penyimpangan iklim yang cukup signifikan. Pada musim kemarau saja, cuaca 2010 merupakan kondisi paling ekstrem selama 12 tahun terakhir.

Fenomena pemanasan suhu muka laut yang hampir merata di seluruh wilayah Indonesia ini, mirip dengan iklim di tahun 1998. Untuk tahun ini, cuaca ekstrem akan berlangsung di sebagian besar wilayah Indonesia hingga akhir tahun 2010.

Fenomena La Nina diprediksi akan terus dominan hingga Maret 2011 dan selanjutnya menuju kondisi netral April 2011.

β€˜β€™Hal tersebut menjadikan peringatan bagi kita semua, terutama bagi pihak-pihak yang berkompeten dalam bidang ini. Pada saat Kemarau saja curah hujan sudah berlebih,’’ katanya. (Purwoko- Sumber: http://id.news.yahoo.com/)

2 thoughts on “Oktober-Januari Bakal Terjadi La Nina Kuat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s