Ancaman Tumbukan Meteorit di Tahun 2028

SUATU malam, saya iseng-iseng mencari bacaan tentang meteorit impact (tumbukan meteor). Entahlah, topik itu melintas begitu saja di benak saya.
Setelah meminta bantuan om Google, terdapat sederetan link, salah satunya adalah http://meteorite.org/.

Salah satu tulisan yang diterbitkan NASA tanggal 11 Maret 1998 lalu cukup mengejutkan. Dalam laporan astronom Brian G. Marsden itu, diinformasikan bahwa Desember lalu NASA menemukan sebuah asteroid bernama XF11, yang mungkin akan bertumbukan dengan Bumi. Benda tersebut ditemukan Jim Scotti, dalam Program Pengamatan Antariksa di Universitas Arizona.

Jim menggunakan teknologi teropong bintang 36-inch, yang dibangun dibangun 77 tahun lalu. Dalam perhitungannya, asteroid itu akan melewati bumi dengan jarak sekitar 500 ribu mil, pada tahun 2028.

Dalam bayangan manusia, jarak tersebut memang seakan-akan sangat jauh. Namun bagi benda-benda angkasa yang perhitungan jaraknya mencapai jutaan tahun cahaya, angka 500 ribu mil tersebut menjadi tidak ada apa-apanya.

Setelah observasi oleh dua astronom amatir Jepang selama dua pekan, 6 Desember 1995 lalu mereka memperkirakan jarak bumi dengan benda itu sangat dekat. Hal itulah yang menyebabkan asteroid besar tersebut dimasukkan dalam kelompok ”berpotensi berbahaya” dan harus terus dimonitor.

Dalam observasi pada tanggal 3 dan 4 Maret oleh Peter Shelus dengan teropong 30 inchi di McDonald Observatory di barat Texas, XF11 diperkirakan akan bertemu dengan orbit bumi sekitar 1:30 p.m. Sore itu obyek angkasa itu harus kelihatan dengan mata biasa.

Sedangkan di Eropa yang saat itu gelap, obyek harus kelihatan jelas berpindah dari barat laut ke bagian tenggara.

Namun begitu, masih diperlukan pengamatan lebih lanjut untuk memastikan kedekatan obyek tersebut dengan bumi. (Purwoko Adi Seno)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s