Selamat Berpuasa Ramadan, Donor Darah Jalan Terus

Bulan puasa telah tiba. Kepada umat Muslim yang menjalankannya, kami mengucapkan selamat beribadah puasa. Semoga Allah memberikan limpahan rahmat kepada Anda.

Bulan Ramadhan memang merupakan bulan penuh rahmat, termasuk bagi Palang Merah Indonesia. Walau harus bekerja lebih keras, namun biasanya pada bulan-bulan seperti ini stok darah justru meningkat.

Seperti terjadi di PMI Surabaya. Humas Unit Transfusi Darah (UTDC) PMI Surabaya, Agung Trijutanto, Selasa 26-8-2008 mengatakan, jumlah pendonor tiap tahun bertambah, khususnya saat bulan Puasa.

Sehingga kekhawatiran terjadinya kehabisan stok darah kemungkinannya sangat kecil. “Kekrisisan stok darah di PMI Surabaya, saya kira tidak akan sampai terjadi karena kami sudah mengantisipasinya melalui berbagai hal seperti meningkatkan volume jam operasional mobil unit maupun jam kantor unit,” ungkapnya.

Justru pada bulan Ramadan ini, dia memprediksikan perolehan donor darah akan naik dibandingkan tahun lalu. Prediksi tersebut berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang mengalami kenaikan.

Sebut saja bulan Puasa tahun 2006, jumlah pendonor sebanyak 6.723. Sedang tahun 2007 naik menjadi 7.862 pendonor.

Agung menjelaskan selama bulan puasa, penghasil donor darah dilakukan di dua tempat yaitu di kantor UTDC PMI dan mobil unit keliling donor darah. Dari kedua tempat tersebut, penghasil donor yang paling banyak diperoleh di kantor unit dibanding di mobil keliling.

Berdasarkan data yang dihimpun PMI Surabaya, tahun 2006 kantor unit terdapat 3.840 pendonor, mobil unit 2.883 pendonor. Sedangkan tahun 2007 di kantor unit 4.507 pendonor, di mobil keliling 3.355 pendonor.

Melalui upaya UTDC PMI Surabaya dengan meningkatkan jam pelayanan donor darah dan mobil keliling, sambung Agung, selama bulan puasa, PMI juga mampu menjaring pendonor baru.

Ini dapat dilihat dari data PMI, 2006 pendonor baru berjumlah 1.803 pendonor sedang 2007 hanya naik 0,39% atau 1.810 pendonor. Peningkatan tidak hanya terjadi pada pendomor baru, tetapi juga pendonor lama.

Bahkan, terjadi peningkatan signifikan pada pendonor lama sekitar 18,70%, dengan rincian sebanyak 4.920 pendonor pada 2006 dan 6.052 pendonor pada 2007. (Sumber: Surabaya Post)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s