Waspada, Gempa di Indonesia Timur

SEBUAH gempa menengah berkekuatan 5,6 Skala Richter, Kamis (7/8-2008) sekitar pukul 05:41 WIB mengguncang Timur Laut Sumbawa. Setelah peristiwa itu, gempa-gempa susulan terjadi pada pukul 06:07 WIB dan 10:46 WIB. (Untuk waktu Indonesia Timur ditambah 2 jam).

Dua hari Sebelumnya, yakni Tanggal 5 Agustus 2008 pukul 21:04:30 WIB juga terjadi gempa berkekuatan 5,5 skala Richter di 73 km BaratLaut Ternate-Maluku Utara.

Sehari sebelumnya, peristiwa serupa juga terjadi di Barat Laut Ruteng NTT, dengan kekuatan 5,5 Skala Richter. Dengan adanya peristiwa beruntun ini, bisa diduga bahwa tingkat kerawanan gempa di kawasan Indonesia Timur sedang meningkat.

Hal ini diduga dipengaruhi oleh aktivitas Indoaustralia dan Florest Thurst. Flores Thrust adalah jalur sesar di utara Sumbawa – Flores. Kerak bumi di bagian itu menyusup di bawah busur kepulaian Nusa Tenggara. Sementara kepulauan itu, duduk di atas pertemuan lempeng tersebut.

Sementara itu, gempa yang terjadi di Dompu menyebabkan 147 rumah rusak. Bangunan yang rusak meliputi rumah penduduk, sekolah, tempat ibadah, dan kantor kecamatan. (Purwoko Adi Seno – Dari Berbagai Sumber)

One thought on “Waspada, Gempa di Indonesia Timur

  1. Ping-balik: Tsunami, Gelombang yang Menghancurkan « guswik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s